Selasa, 22 Desember 2009

Apaan sih greasemonkey itu..?

Mungkin buat para maniak browser firefox udah ga asing lagi sm yg namanya greasemonkey. Tapi mungkin ada beberapa pengguna internet biasa yg masih belum tau greasemonkey itu apaan.

Greasemonkey adalah suatu addon untuk browser firebox dan fungsi utama dari addon greasemonkey ini adalah untuk merubah tampilan web dan fungsi pada firefox dengan script. Km bisa menambahkan icon, emoticon atau smiley2 tertentu pada blog ataupun di forum2, bisa mendownload film2 dari situs youtube secara langsung, bisa mencek link rapidshare atau yg lainnya masih aktif atau sudah tidak dan masih banyak kelebihan2 yang didapat dengan menggunakan addon greasemonkey di firefox anda.

Untuk menginstall addon greasemonkey di firefox km:

1. buka link https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/748 kemudian klik add to firefox

2. Setelah selesai installasi maka anda diminta untuk merestart firefox. Maka dikanan bawah browser firefox km akan ada logo monyet alias greasemonkey... :D

3. Nah klo udah keinstal berarti km udah bisa nambahin script apa aja sesuai yang kamu mau. Untuk nyari scriptnya bisa lihat di http://userscripts.org/ Disana ada banyak script disertaiin dengan penjelasan2 mengenai fungsi masing2 script tsb.

contoh: script Kaskus De-Obfuscator, script untuk menghilangkan sensor di forum kaskus.us, bisa di install di http://userscripts.org/scripts/show/36541 setelah klik install maka script tersebut bisa langsung digunakan.

4. Untuk mengubah script yang baru diinstal tersebut bisa dilakukan dengan cara klik kanan pada logo greasemonkey di sebelah kanan bawah browser anda, pilih Manage User Scripts... , pilih script yang mau diedit dikolom sebelah kanan, kemudian klik tombol edit di sebelah bawah. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan script tersebut bisa dilakukan dengan pilihan enable disebelah kiri tombol edit (centang untuk enable dan hilangkan centang untuk di disable)

udah cukup sampe disini aja yah, tinggal coba2 aja sendiri ntar juga ahli kok :D:D

klik disini untuk melihat beberapa script yang digunakan oleh saya...

4 komentar:

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...?... Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...!..Klik disini-1 dan disini-2"
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.